Kamis, 01 Desember 2016

Mini Ulasan Profil Desa KandangSemangkon Kecamatan Paciran kabupaten Lamongan



Nama Kandang Semangkon adalah perpaduan dari dua nama Dusun yaitu Dusun Dengok dan Dusun kandang serta mengambil nama makam semangkon, kemudian menjadi satu kesatuan nama Desa yang tidak lain adalah Desa Kandang Semangkon.
Asal mula sebelum nama Dusun Dengok adalah dinamakan dusun mertamu. Diceritakan ada seorang musafir yang konon bagian dari wali bertanya kepada anak gembala kambing “Apa nama desa ini?” “ Matamu!” jawab anak tersebut, dan ditanya terus menerus namun jawaban sang anak tetap lah sama akhirnya sang musair itu marah dan terjadi keributan lalu masyarakat yang tahu kejadian tersebut mulai berdatangan dan menyuarakan “ Ayo dengok – ayo dengok” dari kejadian tersebut wilayah mertamu terkenal dengan sebutan Dengok.
Sedangkan nama Dusun Kandang diceritakan dahulu kala ada seorang putri yang cantik jelita yang bernama Putri Sembudro asli kandang. Suatu hari ada seorang yang bernama raden sahit/sunan kalijogo yang waktu itu meminta perlindungan dari rakyat kandang dan ditolong oleh petani di beri tempat tidur dan dikandangkan atau kandang tempatnya, setelah itu bertemu Putri Sembudro asli kandang lalu nama dusun tersebut dijadikan nama dusun Kandang.
Sedangkan nama semangkon diambil dari nama makam semangkan yang konon makam itu merupakan cerita rakyat dari kerajaan Kediri yang mana kerabat kerajaan banyak meninggalkan harta kekayaan dari berlayar , harta tersebut ditanam ditanah semangkon yang kini menjadi makam / kuburan.
Sejarak Kepala Desa Kandang Semangkon
1.      Mbah Rukiman memerintah pada tahun 1991
2.      Drs. Rosyid memerintah pada tahun 1991 – 1999
3.      Ali Fauzi memerintah pada tahun 1999 – 2007
4.      Drs. Warkum memerintah pada tahun 2007 – 2013 
5.   Agus Mulyono memerintah pada tahun 2013 - 2019



Letak Geografis Desa                                                    
         
 Desa Kandang Semangkon berpenduduk 7.518 jiwa dan 1.951 Kepala Keluarga, mata pencaharian penduduk Desa Kandang Semangkon  rata-rata berprofesi sebagai nelayan.
Desa Kandang Semangkon terletak di Daerah Kabupaten Lamongan dengan posisi 2  meter di atas permukaan laut dengan suhu rata-rata 30 derajat Celsius. mempunyai curah hujan dengan jumlah rata-rata hujan 6  Bulan dalam setahun. Jarak ke kecamatan 4 km dan jarak ke kabupaten 52  km dengan batas-batas sebelah utara Laut Jawa, sebelah timur Desa Paciran, sebelah selatan Desa Dadapan dan Solokuro, sebelah barat Desa Blimbing.
Jarak tempuh Desa Kandang Semangkon ke kecamatan adalah  4  km, yang dapat ditempuh dengan waktu sekitar  10 menit dengan kendaraan bermotor. Sedangkan jarak tempuh ke ibu kota kabupaten adalah 42 km, yang dapat ditempuh dengan waktu sekitar 90 Menit dengan kendaraan bermotor. Berikut kondisi geografis Desa Kandang Semangkon secara umum, berdasarkan data profile desa tahun 2013
 
Sebelah Utara
:
Laut Jawa
Sebelah Selatan
:
Desa Dadapan, Kac. Solokuro, 
Desa Sumurgayam, Kec. Solokuro
Sebelah Barat
:
Kelurahan Blimbing, Kec. Paciran
Sebelah Timur                
:
Desa Paciran, Kec. Paciran


Tidak ada komentar:

Posting Komentar